SEARCH ENGINE

Posted: April 28, 2013 in Search Engine

Cara Efektif Menggunakan Search Engine

      Menggunakan search engine merupakan cara yang biasa ditempuh untuk mencari informasi tertentu yang dibutuhkan di world wide web (www). Namun demikian, tidak jarang penggunaan search engine memberikan hasil yang mengecewakan, semata-mata karena pemakai melakukan (query) dengan cara yang kurang tepat. Tips-tips berikut diharapkan dapat menuntun anda menggunakan search engine secara efektif untuk menemukan informasi yang dibutuhkan :
1. Gunakan search engine yang tepat
Sebagian search engine saat ini, lebih banyak menampilkan iklan daripada hasil pencarian yang sesungguhnya. Disamping itu, banyak pula pengelola situs search engine yang kolaps, dan tidak lagi mengupdate databasenya. Untuk saat ini, Google (www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com) merupakan pilihan yang paling terpercaya.Sebagian search engine saat ini, lebih banyak menampilkan iklan daripada hasil pencarian yang sesungguhnya. Disamping itu, banyak pula pengelola situs search engine yang kolaps, dan tidak lagi mengupdate databasenya. Untuk saat ini, Google (www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com) merupakan pilihan yang paling terpercaya.
2. Jangan gunakan keyword yang terlalu umum.
Bayangkan, berapa banyak hasil pencarian yang akan diperoleh apabila hanya memasukkan kata kunci (gitar) dalam mesin pencari. Akan berbeda hasilnya apabila hanya menggunakan kata kunci berupa gitar dari jenis ataupun merek tertentu.
3. Masukkan keyword secara singkat namun jelas.
Banyak orang memasukkan kata kunci yang berderet-deret sehingga mengacaukan hasil pencarian. Menuliskan kata kunci seperti biography of rider Valentino Rossi, akan mengeluarkan setumpuk halaman yang sama sekali tidak berhubungan dengan apa yang dicari dibandingkan dengan keyword yang lebih sederhana, misalnya Rossi biography. Disamping itu, perhatikan ejaan dari kata kunci yang dimasukkan. Kesalahan ejaan pada kata kunci dapat menyebabkan hasil yang akan diperoleh jauh dari harapan.
4. Gunakan operator Boolean.
Kata kunci “AND”, “OR”, “NOT”, dengan kombinasinya akan sangat membantu menemukan situs-situs yang lebih spesifik. Misalnya pada keyword Rossi AND biography NOT motogp akan membawa anda ke halaman yang membahas tentang biografi Valentino Rossi dan menghindari masuknya halaman tentang race motogp dengan nama yang sama pada hasil pencarian tersebut.
5. Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh.
Beberapa search engine mensyaratkan penggunaan tanda kutip untuk menunjukkan satu frase kalimat. Misalnya, penggunaan kata kunci Rossi Biography dengan “Rossi Biography” akan memberikan keluaran yang berbeda. Kata kunci yang diapit oleh tanda kutip juga dapat dikombinasikan dengan operator Boolean untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik, misalnya “Rossi Biography” AND launch.
6. Manfaatkan fitur khusus dari search engine anda.
Beberapa search engine tidak hanya menyediakan fasilitas untuk pencarian artikel, namun juga file-file multimedia seperti gambar, MP3, dan bahkan rekaman video. Sementara itu, search engine semacam MetaCrawler (www.metacrawler.com) mengirimkan perintah pencarian ke beberapa search engine sekaligus dan menampilkan hasilnya dalam satu halaman. Anda dapat mempelajari fitur-fitur khusus pada search engine favorit anda untuk mengeksploitasi penggunaannya secara maksimal.
7. Gunakan fungsi “Find” pada browser.
Ketika search engine menampilkan halamantertentu, belum tentu akan langsung ditemukan apa yang sebenarnya dicari. Anggaplah upaya pencarian biografi Valentino Rossi yang dilakukan membawa anda ke halaman Apa dan Siapa di bagian motogp pada situs ini. Jangan lantas kebingungan dulu ketika di halaman ini anda tidak menemukan artikel yang anda cari. Gunakan fungsi “Find” [Ctrl-F] pada browser anda dan ketikkan /Rossi/. Nah, kini anda bisa membaca artikel tentang Valentino Rossi yang anda cari-cari itu.
     Dengan demikian ketika kita melakan pencarian terhadap kata kunci tertentu, sebenarnya kita sedang mencocokkan kata kunci tersebut dengan informasi yang sudah tersimpan di database search engine yang sudah tersedia. Yang kerap menjadi kendala adalah kita terkadang kurang tepat atau tidak spesifik dalam memasukkan keyword untuk mencari informasi tertentu, sehingga hasil pencariannya menjadi tidak relevan. Bisa pula kita malahan kebingungan dalam memilah-milah informasi mana yang benar-benar kita dibutuhkan dari sekian ribu hingga jutaan informasi yang dihasilkan oleh sebuah search engine. Jadi ketika kita melakukan pencarian, ada baiknya jika kita memasukkan kata kunci yang spesifik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s